Pemerintah akan mengumumkan hasil tes kompetensi dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk 20 Kementerian/Lembaga dan 21 Pemerintah Daerah akan diumumkan secara serentak,Senin depan (17/9). Tes CPNS serentak dilaksanakan secara serentak pada Sabtu (8/9).

"Keterlibatan seluruh elemen dalam pelaksanaan tes CPNS ini cukup membahkan hasil. Mudah-mudahan hasil pengumumannya nanti juga tidak ada komplain karena pemeriksaan dilakukan oleh konsorsium PTN dan diawasi oleh ICW juga," ucap Sekretaris Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tasdik Kinanto di Jakarta seperti dukutip lama setkab.go.id

Dijelaskannya, tes CPNS yang dilakukan serentak 41 instansi di pusat dan daerah akan menjadi model dalam pelaksanaan seleksi berikutnya. "Ternyata cara ini cukup jitu mengurangi penyimpangan. Namun, ke depan akan lebih ditingkatkan lagi agar seleksinya benar-benar bebas KKN," tegasnya.

Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar mengatakan seleksi kali ini tidak merekrut CPNS dalam jumlah yang banyak karena tahun ini hanya sekitar 10 persen dari jumlah PNS yang pensiun. Namun untuk tahun depan, direncanakan sekitar 50 persen yang pensiun, yakni sekitar 60 – 70 ribu.

BACA JUGA: