Jakarta - KKenyamanan peziarah di tempat pemakaman umum (TPU) Kawi Kawi, Johar Baru, Jakarta Pusat, kini menjadi terganggu. Sebab, setiap hari di lokasi tersebut dijadikan tempat berkumpul sejumlah oknum warga. Bahkan, mereka tidak segan-segan meminta uang kepada peziarah untuk membeli minuman, dan peziarah yang takut pun terpaksa memberikan uang kepada oknum tersebut.

"Almarhum adik dan nenek saya dimakamkan di TPU Kawi Kawi. Tapi saya jadi jarang ziarah ke sana, karena banyak orang yang nongkrong. Beberapa waktu lalu setelah saya ziarah, ada yang datang minta uang. Katanya untuk beli minuman. Terpaksa saya kasih karena takut. Waktu minta uang, mulutnya bau alkohol," kata Kanti, warga Jl Kramat Lontar, Kecamatan Senen, Jakarta, Senin (6/2).

Selain itu, lanjutnya, kondisi TPU terkesan sangat semrawut dan kumuh. Selain banyak sampah, makam di lokasi tersebut juga kurang tertata dengan baik. "Mungkin karena makamnya sudah penuh, jadi jarak antarsatu makam dengan makam yang lain sangat dekat. Selain itu, TPU-nya juga terkesan kumuh dan kotor karena banyak sampah, ada beberapa bangunan liar dan banyak makam yang terkesan tidak terawat," sambung Kanti.

Kanti mengharapkan, aparat terkait dapat segera menertibkan keberadaan oknum warga yang kerap berkumpul di sekitar TPU tersebut. "Saya berharap, kondisi lingkungan di TPU itu juga ditata agar terlihat lebih baik, serta tidak kumuh dan kotor," tuntas Kanti.

Kasudin Pemakaman Jakarta Pusat, Leofold Pasaribu, mengungkapkan, untuk melakukan penertiban oknum warga yang kerap berkumpul di TPU tersebut bukan menjadi kewenangannya. Menurutnya, kewenangan tersebut ada di tingkat kelurahan, kecamatan dan aparat keamanan setempat.

"Saya tugasnya melayani pemakaman. Kalau untuk menertibkan oknum warga yang berkumpul di sana bukan urusan saya. Itu kewenangan kelurahan, kecamatan dan aparat keamanan," tutur Leofold, seperti dikutip laman beritajakarta.com.

Ia pun menampik pernyataan yang menyebutkan kondisi TPU tersebut kumuh dan kotor. Bahkan, dua pekan lalu, pihaknya melakukan pembersihan dan penataan di lokasi TPU tersebut agar menjadi lebih tertib.

BACA JUGA: