JAKARTA, GREWNEWS.COM - Belum dicabutnya Surat Keputusan (SK) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang membekukan PSSI dikhawatirkan akan membawa banyak dampak buruk. Pimpinan DPR RI serta Komisi X yang membawahi keolahragaan mendesak SK Menpora itu segera dicabut, sehingga PSSI tak terkena sanksi internasional.

Wakil Ketua DPpR RI Agus Hermanto menyatakan dalam pertemuan Pimpinan DPR, Komisi X, dan beberapa stakeholder sepakbola hari ini membahas belum dicabutnya pembekuan PSSI. "Jika suspend FIFA terjadi maka ini akan jadi malapetaka," katanya di Gedung DPR RI, Senayan, Jumat (29/5).

Masalah  PSSI bukan hanya persoalan bola semata, selain masuk dalam masalah kesukuan, juga hajat hidup orang banyak. Akan banyak kerugian ekonomi yang dialami mulai dari pemain, wasit, suporter, hingga penyelenggara.

"Mereka itu faktor ekononinya hidup dari PSSI," katanya.

Selain itu, Agus juga menilai prestasi persepakbolaan Indonesia belum menunjukkan hal yang gemilang dan patut dibanggakan. Untuk itu perlu ada dorongan bagi persepakbolaan Indonesia agar terus berprestasi.

Ia meminta pada masing-masing pihak terutama Menpora agar tak mementingkan ego pribadi sehingga banyak yang terlantar. "Menpora harus secepatnya menarik SK Pembekuan tersebut jangan sampai terjadi suspend FIFA," katanya.

Ditambahkan Wakil Ketua DPR lainnya, Fahri Hamzah pertemuan tersebut selain membahas nasib PSSI  juga membahas alasan Persipura tak bisa bermain melawan Pahang FA di ajang kompetisi AFC. Ia mengingatkan Menpora untuk segera mengambil tindakan pembatalan SK lantaran hari ini batas yang diberikan FIFA sebagai induk dari cabang olahraga sepak bola dunia kepada PSSI untuk menentukan statusnya.

"Bagaimana posisi masa depan mereka? Apakah suspend atau dibekukan, atau dapat diterima sebagai bagian federasi sepak bola dunia," katanya.

BACA JUGA: