JAKARTA, GRESNEWS.COM - Setelah sempat dirawat akibat insiden jatuhnya pesawat heli yang ditumpangi bersama sejumlah Duta Besar (Dubes) negara lain di Pakistan,  Dubes RI untuk Pakistan Burhan Muhammad akhirnya meninggal dunia Selasa (19/5) dini hari pukul 00.50 waktu Singapura. Mendiang menyusul kepergian sang istri Heri Listyawati yang lebih dulu meninggal akibat kecelakaan yang sama.


Dubes menjadi salah satu korban dalam insiden jatuhnya helikopter Pakistan di kawasan Girgit Baltistan pada 8 mei 2015 lalu. Sebelumnya 7 penumpang yang terdiri dari diplomat dan duta besar dinyatakan tewas seketika dalam peristiwa tersebut.

"Kemlu RI telah kehilangan salah satu diplomat terbaik yaitu Dubes Burhan Muhammad yang meninggal tanggal 19 mei 2015 pkl 00.50 waktu setempat di General Hospital Singapore," kata Menlu Retno Marsudi saat konferensi pers di Gedung Palapa, Kemlu, Selasa (19/5).

Retno menyatakan turut berbela sungkawa sedalam-dalamnya kepada Almahrum yang meninggal di usia 58 tahun setelah selama 8 hari menjalani perawatan di RS di singapura sejak  12 Maret 2015. Dubes Burhan diketahui mengalami luka bakar cukup kritis.

Retno mengatakan, jenazah Dubes Burhan akan tiba di Jakarta sore hari ini dan akan dibawa ke Gedung Pancasila Kemlu untuk mendapat penghormatan terakhir dari jajaran dan staf Kementerian. Selanjutnya, jenazah akan dibawa ke Yogyakarta untuk disemayamkan.

Menurut Juru Bicara Kemlu Arrmanatha Nasir waktu tiba jenazah Dubes di tanah air diperkirakan sekitar  pukul 18.05 sore ini. Selanjutnya dibawa ke gedung pancasila.

"Rencananya akan diserahkan terlebih dahulu kepada ibu menteri sebagai pimpinan tertinggi Kemenlu," ujar Arrmanatha yang biasa disapa Tata.

Usai acara penghormatan terakhir, lanjutnya, Dubes akan dibawa ke Yogyakarta menggunakan pesawat khusus dan jenazah nantinya akan diserahkan kepada keluarga. Namun Tata mengaku belum mengetahui pasti tepatnya waktu pemakaman Dubes Burhan.

"Nanti jenazah pak Dubes diserahkan kepada keluarga. Waktu pemakamannya, mungkin akan dikebumikan hari ini atau esok pagi," ujarnya.

Sebelumnya, seperti dilansir KBRI Islamabad, Dubes RI untuk Pakistan Burhan Muhammad turut menjadi korban kecelakaan jatuhnya helikopter militer Pakistan.

Sesuai informasi pihak setempat, terdapat enam orang tewas seketika dalam insiden ini diantaranya dua pilot warga negara Pakistan, Dubes Norwegia untuk Pakistan, Leif Larsen, Dubes Filipina untuk Pakistan, Domingo Lucenario, dan istri dari Dubes Malaysia untuk Pakistan, serta istri dari Dubes RI untuk Pakistan Heri Listyawati.

BACA JUGA: