JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengatakan Pemprov akan berupaya memperkecil jumlah SiLPA (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran) 2013 dengan memaksimalkan penggunaan anggaran daerah.

"Ya artinya, SiLPA nanti akan digunakan secara maksimal. Paling tidak, jumlah SiLPA di tahun 2013 lebih kecil dibandingkan SiLPA pada APBD 2012 yang mencapai sebesar Rp8,3 triliun dari total APBD Perubahan 2012 sebesar Rp41,3 triliun," kata Jokowi, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (29/1).

Dia mengungkapkan, SiLPA 2012 yang dialokasikan dalam APBD 2013 akan dimaksimalkan penggunaannya untuk pembangunan infrastruktur. Kendati waktu yang tersisa hanya 11 bulan, dia optimis realisasi penyerapan anggaran keuangan daerah dapat terserap secara maksimal.

"Maka dari itu, setelah ini diketok dewan, kita langsung serahkan ke Menteri Dalam Negeri untuk dikoreksi. Setelah mendapat persetujuan dari menteri, kita langsung kebut untuk melaksanakan seluruh program pembangunan yang telah dianggarkan," ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya, APBD DKI 2013 sebesar Rp49,9 triliun. Dari jumlah anggaran tersebut yang dialokasikan guna belanja daerah sebesar Rp45,5 triliun. Sementara, sisa anggaran diprediksikan sebagai Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) dengan nilai Rp4,05 triliun.

BACA JUGA: