JAKARTA - Menteri Luar Negeri Marty M. Natalegawa secara resmi memperkenalkan logo APEC Indonesia 2013 di hadapan pejabat Indonesia, kalangan pengusaha Indonesia yang aktif dalam APEC Business Advisory Council (ABAC), serta pejabat tinggi dari 20 Ekonomi anggota APEC di Jakarta, Jumat (7/12).

Acara ini juga menjadi kegiatan pendahuluan bagi Pertemuan Informal Tingkat Pejabat Tinggi (Informal Senior Officials’ Meeting/IISOM) APEC yang diselenggarakan pada hari yang sama. ISOM menjadi pertemuan pertama dari rangkaian pertemuan APEC yang akan diselenggarakan di Indonesia dalam rangka keketuaan Indonesia pada APEC 2013.

Logo APEC Indonesia 2013 ini melambangkan proses dinamika dan peningkatan perkembangan ekonomi di kawasan Asia Pasifik. Terinspirasi dari bilah bambu, sebagai simbol ketahanan, kekuatan, dan fleksibilitas, dengan batang yang meliuk bila dihantam terjangan angin kencang, tetapi dengan anggun kembali menjulang tegak ketika angin mereda.

Garis lurus yang menumpuk mewakili 21 Ekonomi anggota APEC yang memiliki komitmen untuk bekerja sama erat dalam menentukan arah integrasi ekonomi kawasan, sementara lekukan menegak menyimbolkan kebutuhan untuk memajukan pertumbuhan ekonomi global.

Logo APEC Indonesia 2013 merupakan ketetapan Presiden berdasarkan hasil sayembara yang terbuka untuk umum yang telah diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri.

Indonesia kembali menjadi ketua dan tuan rumah APEC 2013 setelah sebelumnya menjadi ketua dan tuan rumah APEC 1994. Puncak KTT APEC 2013 akan diselenggarakan di Bali, akhir 2013 seperti dikutip laman setkab.go.id.

Logo APEC Diluncurkan

BACA JUGA: