JAKARTA - Direktur Eksekutif Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis), Husin Yazid mengungkapkan, di antara semua Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Barat, Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar memiliki tingkat loyalitas pemilih 26,9% dari total 34,8% yang menyatakan akan memilihnya dan yang berpotensi akan berubah sebesar 5%.

Hal itu sesuai dengan hasil survei yang dilakukan Puskaptis terkait gelaran Pilkada Jabar, Februari 2013 mendatang. "Kami telah menggelar survei tentang Pilkada Jabar. Survei pertama untuk melihat persepsi publik Jabar terhadap hajatan Pilkada. Ini terkait tiga variabel, popularitas, kesukaan dan elektabilitas pasangan calon. Kedua, melihat alasan mereka memilih calon, dan persepsi mereka terhadap keberhasilan atau kinerja Pemrov Jabar," kata Husin Yazid, dalam siaran pers yang diterima redaksi, Minggu malam (18/11).

Dia juga menjelaskan, tingkat loyalitas pemilih Dede Yusuf-Lex Laksmana sebesar 14,5% dari 21,2% yang menyatakan akan memilihnya dan ada 5% yang masih mungkin berubah sementara yang mengambang 1,7%. Sementara pemilih loyal Rieke Dyah Pitaloka-Teten Masduki sebesar 10,8% dari 15,7% yang akan memilihnya dan terdapat kemungkinan yang akan berubah sebesar 2,9% serta 2,1% tak menjawab.

Sedangkan pemilih loyal Yance-Tatang Farhanul Hakim sebesar 3,8% dari 7,3% yang menyatakan akan memilihnya dan ada yang masih mungkin berubah sebesar 1,2% serta yang mengambang sebanyak 2,2%. Kemudian untuk Dikdik-Cecep memiliki pemilih loyal sebesar 1,6% dan yang mungkin akan berubah sebesar 0,4%.

BACA JUGA: