JAKARTA - Terkait Pilkada Jawa Barat (Jabar) yang akan berlangsung Februari 2013 mendatang, Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) merilis hasil survei terbaru, dari hasil survei tersebut disebutkan Dede Yusuf merupakan Cagub terpopuler sementara Cawagub terpopuler dipegang Deddy Mizwar.

"Survei pertama untuk melihat persepsi publik Jabar terhadap hajatan Pilkada. Ini terkait tiga variabel, popularitas, kesukaan dan elektabilitas pasangan calon. Kedua, melihat alasan mereka memilih calon, dan persepsi mereka terhadap keberhasilan atau kinerja Pemrov Jabar," kata Direktur Eksekutif Puskaptis, Husin Yazid, dalam siaran pers yang diterima redaksi, Minggu malam (18/11).

Dia menjelaskan, dari sisi popularitas dan kesukaan calon gubernur, Dede Yusuf menempati urutan pertama dengan capaian 96,4%, disusul Rieke dengan 93,4%, Aher dengan 92,5%, Yance dengan 82,6% dan Dikdik dengan 67,8%.

Lebih lanjut Husin mengatakan, dari sisi elektabilitas, pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar menempati urutan pertama, dengan raihan 34,8%, kemudian Dede Yusuf-Lex Laksmana dengan 21,2%, Rieke Dyah Pitaloka -Teten Masduki dengan 15,7%. Selanjutnya Irianto MS Syaifiuddin atau Yance-Tatang Farhanul Hakim dengan 7,3% dan Dikdik Mulyana Arif Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib dengan 1,9%.

Sedangkan, Calon Wakil Gubernur dengan popularitas tertinggi adalah Deddy Mizwar dengan 94,2%,  Teten Masduki dengan 73,2%, Lex Laksmana dengan 72,4%, Tatang dengan 69,8% dan Cecep dengan 64,2%.

BACA JUGA: