Ketum PAN Zulkifli Hasan menyebut pernyataan politikus NasDem Viktor Laiskodat mengenai parpol terkait khilafah dapat menimbulkan perpecahan. Politikus seharusnya menjaga perkataannya.

"Mengomentari dengan tidak menguasai, tidak mengerti akan menimbulkan fitnah, tidak usah membicarakan. Itu bisa membuat perpecahan," kata Zulkifli usai kegiatan seminar nasional bertajuk ´Mosi Integral Moch Natsir´ di gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jabar, Sabtu (5/8).

Zulkifli meminta agar Viktor mengontrol perkataannya. Perkataan yang tidak tepat akan melukai banyak orang. "Makanya hati-hati kalau mengomentari tentang Islam, kalau tidak mengerti tentang Islam nanti menjadi fitnah," kata dia.

Menurut Zulkifli kasus pernyataan Viktor sebaiknya dapat diselesaikan secara kekeluargaan. Namun PAN sebelumnya sudah melaporkan Viktor ke Bareskrim Polri.

Pidato Viktor, Ketua Fraksi NasDem DPR dipolisikan karena menyebut Gerindra, Partai Demokrat, PKS, dan PAN sebagai parpol yang intoleran dan mendukung ideologi khilafah.

Dalam pidatonya, Viktor menyebut partai-partai tersebut tak mendukung keberagaman. Dia meminta agar kepala-kepala daerah yang diusung empat parpol tersebut tak dipilih dalam pilkada.

Viktor dilaporkan ke Bareskrim Polri atas tuduhan pencemaran nama baik melalui media elektronik/penghinaan dan kejahatan tentang penghapusan diskriminasi ras dan etnis. Viktor diduga melanggar Pasal 28 ayat 2 UU ITE juncto Pasal 45 ayat 2 UU ITE. (dtc/mfb)
 

BACA JUGA: