JAKARTA,GRESNEWS.COM - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang baru-baru ini meletus telah berdampak luas terhadap warga sekitar akibat semburan abu vulkanik. Sebagian wilayah sekitar gunung tersebut mengalami bencana yang cukup parah.

Oleh karena itu Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis mendesak pemerintah untuk menerjunkan Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) untuk segera menolong penduduk setempat yang terkena dampak.

"Sejauh ini berdasarkan laporan diketahui letusan itu membuat ribuan penduduk terdampak langsung dari hujan abu vulkanik," ujar Iskan dalam rilisnya, Jumat (04/8).

Gunung Sinabung diberitakan kembali meletus dengan melontarkan abu setinggi 4,2 kilometer dan meluncurkan awan panas sejauh 4,5 kilometer ke arah tenggara dan timur. Iskan menyebut para penduduk terdampak itu sudah pasti membutuhkan suplai masker agar  tidak mengalami gangguan pernapasan.

Beberapa wilayah di sekitar kaki Gunung Sinabung, tambah politisi PKS ini,  juga mengalami dampak bencana yang parah. Menurutnya hujan abu menyebar di beberapa tempat seperti di Desa Perbaji, Sukatendel, Temberun, Perteguhen, Kuta Rakyat, Simpang Empat, Tiga Pancur, Selandi, Payung, dan Kuta Gugung.

Adanya kejadian ini warga membutuhkan masker dan air untuk membersihkan lingkungan. "Apalagi berdasarkan laporan diketahui, di Desa Perbaji jarak pandang saat ini hanya tinggal 20 meter, karena tertutup abu tebal," ungkapnya.

Iskan meminta BNPB Provinsi, Kabupaten, dan Pusat segera melakukan kordinasi penanggulangan bencana Gunung Sinabung ini. "Perlu dipikirkan langkah-langkah antisipatif, sehingga dapat meminimalisir terjadinya korban  pasca terjadinya bencana," pintanya. (rm)

BACA JUGA: