Bandara Ahmad Yani Semarang yang sempat ditutup, karena peristiwa tergelincirnya pesawat Wings Air rute Bandung-Semarang pada Minggu (25/12) malam telah dibuka kembali. Dioperasikannya kembali bandara setelah petugas berhasil mengevakuasi badan pesawat dari landasan.

"Sudah (dibuka)," kata Kepala Humas Kemenhub Bambang S Ervan, Senin (26/12) pagi.

Pesawat Wings Air ATR 72-600 dengan nomor penerbangan IW 1896 tergelincir Minggu (25/12) malam sekitar pukul 18.45 WIB saat akan mendarat di Bandara Ahmad Yani setelah penerbangan dari Bandung. Namun mengenai penyebab tergelincirnya pesawat tersebut masih dalam penyelidiki Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Menurut penjelasan General Manager Angkasa Pura I, Priyo Jatmiko, saat pesawat mendarat itu kondisi landasan tengah hujan deras, angin juga cukup kencang. Info dari BMKG kekuatan angin mencapai 26 knot. Pesawat sempat touch kemudian tergelincir ke arah kanan hingga sebagian badan pesawat ada di luar landasan. Akibat tergelincir itu roda pesawat bagian kanan patah tertekuk.

Namun dalam kejadian itu tidak ada korban jika dari 48 penumpang dan 4 awak pesawat dinyatakan selamat. Hanya 6 orang diantaranya mengalami shok.

Upaya evakuasi pesawat dilakukan hingga Senin pagi, hingga badan pesawat berhasil dipindahkan dari landasan. Saat ini operasional bandara yang sempat ditutup untuk penerbangan menuju dan keluar bandara telah dibuka kembali. (rm/dtc)

BACA JUGA: