JAKARTA, GRESNEWS.COM - ABC News Australia berhasil mendapatkan gambar eksklusif yang memperlihatkan kapal penyelamat berwarna oranye yang berisi para pencari suaka tengah ditarik ke perairan Indonesia oleh kapal milik Australia di bawah bendera Operasi Kedaulatan Perbatasan (Sovereign Borders). ABC News mengungkapkan video itu didapat dari sumber di Indonesia dan tampaknya gambar direkam dari dalam kapal penyelamat itu.

ABC News mendapatkan gambaran bahwa kapal yang menarik kapal penyelamat berisi pencari suaka itu adalah kapal patroli bea dan cukai Australia bernama Triton. Dalam rekaman itu juga terekam gambar seorang anak, kapal besar lain (terlihat seperti kapal perang-red) tak jauh dari kapal penyelamat itu dan sebuah perahu karet bermotor berisi anggota pasukan Australia mengawal di sisi kapal penyelamat itu. Dipercaya kapal ini adalah kapal yang terdampar di perairan pantai Pangandaran yang juga gambarnya dirilis ABC News beberapa waktu lalu.

Video Kapal Australia Menarik Kapal Para Pencari Suaka ke Perairan Indonesia

                             Sumber: ABC News

Pihak TNI AL seperti dikutip ABC News menemukan sejumlah 34 orang pencari suaka di kapal tersebut. Komandan Operasi Kedaulatan (Operation Sovereign Borders) Letjen Angus Campbell mengakui pembelian kapal-kapal tersebut oleh pemerintah Australia pada pertengahan Januari lalu. Namun ia enggan menjelaskan untuk apa kapal-kapal itu akan digunakan. ABC News sendiri memperkirakan kapal itu berharga US$ 70.000 atau sekitar Rp 851 juta sebuahnya.

Perdana Menteri Australia Tony Abbott ketika ditanya soal kapal itu mengatakan gambar kapal penyelamat yang terdampar di Indonesia itu "agak menarik" tetapi menolak untuk mengatakan apakah kapal itu digunakan pemerintah Australia untuk mengirimkan kembali para pencari suaka ke Indonesia. Abbott hanya mengatakan, kebijakan pemerintah soal perlindungan perbatasan adalah untuk mencegah gelombang kedatangan kapal-kapal pencari suaka.

Ia mengutip pendapat para calon pencari suaka yang dilaporkan telah mengatakan jalur menuju ke Australia saat ini sudah ditutup. "Well terimakasih tuan, jalannya sudah ditutup... dan sejauh yang pemerintah ini tahu adalah tidak akan pernah dibuka kembali," kata Abbott, seperti dikutip The Australian.

Juru bicara Menteri Imigrasi Scott Morrison enggan berkomentar soal kapal penyelamat itu. Dia mengatakan pemerintah tidak akan menyediakan infomasi mendetail tentang hal berkaitan dengan operasi pengamanan perbatasan. Morrison sendiri mendapat tekanan dari parlemen saat rapat dengar pendapat Kamis lalu, yang menyelidiki kerahasiaan.

BACA JUGA: