KONSER musik grup rock Radiohead di Toronto, Kanada dibatalkan setelah satu orang dinyatakan tewas dan korban lain alami luka serius setelah panggung konser ambruk. Panggung terbuka ambruk saat berlangsung gladi resik dan pemeriksaan sound systems sebelum pertunjukan dijadwalkan berlangsung Sabtu malam (16/6) waktu setempat.

Tim medis yang menangani korban menyatakan seorang pria berusia 45 tahun harus dibawa ke rumah sakit, untuk menjalani perawatan medis akibat luka di kepala. Dua korban lainnya menjalani rawat jalan akibat luka-luka ringan.

Juru bicara polisi setempat, Tonny Vella menyatakan ambruknya panggung terjadi saat kru konstruksi sedang menyiapkan pengerjaan terakhir.

"Mereka sedang bekerja menyiapkan atap panggung. Tiba-tiba panggung ambruk dan empat orang terluka. Orang-orang pun berteriak mengingatkan yang lain ketika panggung ambruk," kata Vella seperti dikutip The Guardian.

Vella menambahkan, personel Radiohead tak berada di panggung saat insiden terjadi sekitar pukul 16.00 waktu setempat di Downsview Park, sekitar lima mil di sebelah utara pusat kota Toronto.

Wakil dari perusahaan promosi konser itu, Live Nation, belum bisa dimintai komentar. Para pejabat Downsview Park juga belum berkomentar tentang kejadian itu, hanya mengonfirmasi bahwa konser Radiohead telah dibatalkan.

Petugas polisi Toronto, Sersan Tim Burrows menyatakan sekitar 20 orang sedang berada di sekitar panggung saat atap panggung ambruk.

Burrows mengatakan aparat kepolisian dan Kementerian Tenaga Kerja sedang menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut.

Radiohead
Radiohead adalah sebuah grup musik rock alternatif asal Britania Raya, terbentuk pada tahun 1985. Band ini terdiri dari Thom Yorke (vokal utama, rhythm guitar, piano), Jonny Greenwood (lead guitar, keyboard, modular synthesizer, Ondes Martenot, glockenspiel, dan lain-lain), Ed O´Brien (gitar, vokal, perkusi tambahan), Colin Greenwood (bass guitar, synthesizer, Phil Selway (drum, perkusi).

Radiohead merilis singel pertama mereka, Creep, pada 1992. Awalnya lagu ini tidak sukses, namun menjadi hits di seluruh dunia beberapa bulan setelah rilisnya album debut mereka, Pablo Honey (1993).

Popularitas Radiohead naik di Britania Raya dengan rilisnya album studio kedua mereka, The Bends (1995). Album ketiga Radiohead, OK Computer (1997), mendorong mereka untuk ketenaran internasional yang lebih besar. Menampilkan suara yang luas dan tema alienasi modern, OK Computer sering diakui sebagai rekaman landmark tahun 1990-an.

Kid A (2000) dan Amnesiac (2001) menandai perubahan gaya musikal Radiohead, dengan penambahan musik elektronik eksperimental oleh grup ini, Krautrock dan pengaruh-pengaruh jazz.

Radiohead secara independen merilis album ketujuh mereka, In Rainbows (2007), awalnya sebagai unduh digital dimana para pelanggan bisa menetapkan harga mereka sendiri, dan selanjutnya dalam format fisik yang sukses dalam kritik dan tangga lagu. Radiohead merilis album kedelapan mereka, The King of Limbs (2011) dalam format yang beragam.

BACA JUGA: