Jakarta - Indonesia mengutuk keras serangan udara Israel ke Jalur Gaza yang menyebabkan tewasnya puluhan warga sipil Palestina.

"Indonesia mengutuk keras serangan udara Israel tersebut," ujar Menteri Luar Negeri RI, Marty M Natalegawa melalui surat elektroniknya, Jakarta, Kamis (15/3).

Pandangan Indonesia ini disampaikan menyusul aksi penyerangan yang dilakukan oleh Israel selama lima hari berturut-turut dan pernyataan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu yang bersumpah akan terus memerintahkan serangan udara untuk membalas serangan-serangan roket yang dilancarkan para pejuang Palestina.

"Serangan Israel tersebut telah menyebabkan jatuhnya korban sipil yang tidak berdosa dan menimbulkan eskalasi ketegangan di kawasan tersebut," ucap Menlu RI.

Oleh karena itu, sambung Marty, Indonesia menyerukan berbagai pihak untuk dapat menghentikan tindakan brutal dan tidak berperikemanusiaan yang dilakukan Israel terhadap warga sipil Palestina.

"PBB harus berada di garis terdepan dalam menghentikan kekerasan di Jalur Gaza. Perundingan langsung Palestina dan Israel harus kembali didorong," tegas Menlu RI.

BACA JUGA: