Cannes - Bukan hanya rakyat yang suka ngerumpi, ternyata presiden pun tak melewatkan kesempatan itu. Dua presiden yang bergunjing tersiar ke publik setelah seorang wartawan ´nguping´ dari terjemahan percakapan Presiden AS, Barrack Obama dan Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy di sela KTT G20 di Cannes, Prancis.

Percakapan pemimpin dari dua negara maju itu membahas Israel. Sarkozy dilaporkan komplain kepada Obama, katanya: "Saya tidak tahan dengan Netanyahu. Dia pembohong."

Obama tidak menentang komplain tersebut, malah menjawab: "Anda mungkin jengkel kepada Netanyahu, tapi saya, saya harus berurusan dengan dia setiap hari."

Pertukaran informasi ini memberi bukti bagaimana antipati terhadap Israel serta kuatnya pengaruh lobi Yahudi terhadap Washington, tak peduli siapa pun presiden AS.

Tidak dipungkiri, Obama sejak memimpin AS kerap bersitegang dengan pemimpin Israel, khususnya Netanyahu. Maret tahun lalu, contohnya seperti dilansir telegraph.co.uk, Netanyahu ditinggalkan Obama lebih dari satu jam setelah berlangsung perundingan yang tegang menyangkut Palestina. Obama memilih makan malam bersama keluarganya di ruangan lain.

Kendati begitu, Obama tidak mampu menghindari tekanan Partai Republik maupun pendukung Israel di partainya sendiri, Demokrat. Obama sesekali membuat gundah Tel Aviv sebelum mendukung pemerintah Israel dalam upayanya menentang tuntutan Palestina mendapat keanggotaan penuh sebagai negara di PBB.

Percakapan tersebut di mata para pengamat politik di Barat bakal mengundang sentimen baru dari penentang Partai Republik terhadap posisi Obama, yang menudingnya sedang ´melempar´ Israel ke bawah tekanan baru.

Pengungkapan obrolan penting dua kepala negara tersebut mengingatkan publik pada pertemuan PM Inggris, Tony Blair dan Presiden AS, George W Bush saat pertemuan puncak G8 di St Petersburg pada 2006.

Penyelenggara KTT G20 di Cannes bakal sama malunya dengan penyelenggara pertemuan puncak G8 di St Petersburg, lantaran memberi akses kepada pers untuk akses pada perangkat penerjemah bahasa.

BACA JUGA: