TANGERANG - Polresta Bandara Soekarno-Hatta menangkap tiga tersangka pencuri bahan bakar pesawat terbang (avtur) di bengkel Maskapai Garuda di Areal Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Senin (14/1). Tiga tersangka yang ditangkap yaitu GS (33 tahun), petugas cleaning service serta dua sekuriti yakni SU (44 tahun) dan MIS (33 tahun). Ketiganya kini menjalani pemeriksaan di Mapolresta Bandara Soetta.

Menurut Kapolres Kota Bandara Soetta, Kombes CH Patoppoi pencurian di bengkel maskapai Garuda itu terjadi karena ada kerja sama antara petugas cleaning service dengan petugas securiti di GMF. Kasus pencurian ini terjadi ketika pesawat sedang di perbaiki di bengkel. Saat diservice, avturnya harus dikosongkan lebih dulu lalu ditampung di tangki penampungan.

"Pada saat pesawat sudah selesai diperbaiki, avtur akan dimasukan kembali ke tangki pesawat. Ternyata bahan bakar pesawat berkurang banyak," jelas Kapolres seperti dilansir humaspoldametrojaya.

Setelah dilakukan penyelidikan, kata Kapolres, ternyata bahan bakar pesawat itu dicuri petugas cleaning service bekerja sama dengan petugas keamanan. Kepada petugas, tersangka mengaku avtur curian dijual kepada penadah setiap liternya seharga Rp9 ribu. "Kami menduga aksi pencurian sudah lama berlangsung, tapi baru dilaporkan sekarang," jelasnya sambil mengatakan kasus serupa pernah terjadi beberapa waktu lalu pelakunya 12 orang. Tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.



BACA JUGA: