Dalam rangka memberikan fasilitas kemudahan berdonasi bagi para donatur, Rumah Zakat meluncurkan aplikasi Zakat via Blackberry atau Z-Mobile (http://rumahzakat.petanidihital.com/Rumah_Zakat.jad dan Info: http://rumahzakat.petanidigital.com).  Aplikasi yang kini sudah bisa diunduh di Blackberry AppWorld ini memiliki sejumlah fitur seperti program Rumah Zakat, kalkulator zakat, definisi dan cara menghitung zakat, serta rekening zakat.

"Untuk ke depannya kami akan mengembangkan fitur pembayaran donasi, sehingga melalui aplikasi tersebut masyarakat dapat membayar Zakat Infak Shadaqah (ZIS), serta dana kemanusiaan lainnya," ungkap CEO Rumah Zakat, Nur Efendi, dalam Launching Zakat via Blackberry atau Z-Mobile di Jakarta, Rabu (8/8/2012).

Menurut Efendi, sejak diunggah hingga saat ini sudah ada 10.000 orang yang mengunduh Z-Mobile melalui blackberry mereka. Hal tersebut menunjukkan jumlah orang yang membutuhkan informasi ZIS serta tempat penyalurannya cukup banyak. "Insya Allah ke depannya aplikasi ini akan bisa diunduh melalui smartphone Android, iPhone, iPad, maupun Windows Phone," ujarnya.

Menurut Efendi, dengan diluncurkannya aplikasi ini, maka membayar zakat akan semakin mudah. "Sesuai dengan salah satu slogan kami ´Berbagi itu gampang´. Jadi dengan Z-Mobile masyarakat dapat memanfaatkannya kapan saja di mana saja. Gampangnya, kalau misal bangun tidur ingat mau bayar zakat, bisa langsung bayar di situ," kata Efendi.

Aplikasi Z-Mobile dikembangkan oleh PT. Dihital Jaya Solusi (Petani Digital). Z-Mobile memudahkan para donatur Rumah Zakat untuk mendapatkan informasi seputar ZIS (Zakat, Infaq, Sadaqah), update kegiatan terbaru Rumah Zakat dalam hal implementasi program-program pemberdayaan, dan melakukan transaksi donasi.

Menurut Ibnu Maksum CEO PT. Dihital Jaya Solusi yang berdiri tahun 2012 ini, aplikasi ini merupakan terobosan teknologi yang memudahkan pengguna smartphone Blackberry™® untuk mengakses fitur Rumah Zakat sekaligus berdonasi secara online. Dalam waktu dekat kami juga meluncurkan aplikasi serupa untuk smartphone berjenis Android™® dan iPhone™® sehingga memudahkan masyarakat pengguna smartphone lainnya untuk berhubungan dengan Rumah Zakat.

Hal sama diamini oleh H. Iqbal Farabi, SH, MH Pemilik PT. Dihital Jaya Solusi yang juga merupakan pengurus HIPMI Pusat dan KADIN yang didampingi H. Adnan Hardie, SH., selaku Direktur PT. Dihital Jaya Solusi.

Selain itu, aplikasi ini juga akan diperkaya dengan berbagai konten yang memudahkan para pengguna seperti perencanaan keuangan keluarga, pembayaran listrik dan telepon.

"Komitmen kami adalah bagaimana memberikan layanan yang memudahkan bagi masyarakat dan para donatur dalam menyalurkan dana ZIS dan dana kemanusiaan lainnya," tegas Efendi.

BACA JUGA: