Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Jatinegara Barat yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bagi warga Kampung Pulo, Jakarta Timur, yang berada di bantaran Kali ciliwung Jakarta Timur, sudah mulai ditempati oleh warga. Pantauan di lokasi, kemarin, halaman Rusun Jatinegara tampak dipenuhi warga Kampung Pulo yang sibuk membawa barang-barang mereka. Ada yang menggunakan sepeda motor, gerobak bahkan bajaj. Mereka dibantu petugas Satpol PP.

Rusun yang berdiri sekitar 300 meter dari kawasan Kampung Pulo ini dibangun menjadi 2 tower. Masing-masing tower terdiri dari 16 lantai. Banyak fasilitas yang didapat warga Kampung Pulo yang bersedia direlokasi ke rusun tersebut. Setiap uni‎t atau bidang luasnya 6x5 meter terbagi menjadi 1 kamar mandi, 2 kamar tidur, 1 ruang tamu, dapur, dan tempat jemuran. ‎Sementara untuk fasilitas gedung memiliki masing-masing 2 lift orang dan 1 lift barang tiap tower.

Selama tiga bulan mereka bebas sewa. Setelahnya, membayar Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL) Rp300 ribu/bulan. Hingga kemarin warga Kampung Pulo yang sudah masuk ke Rusun Jatinegara Barat sebanyak 283 penghuni. Sebelumnya, baru sebanyak 246 penghuni dari 520 fasilitas kamar yang tersedia di Rusun Jatinegara.

Selamat menyongsong kehidupan baru. (Edy Susanto/Gresnews.com)

BACA JUGA: