London - Lebih dari 200 seniman dari 30 kelompok musik gamelan di Inggris berkumpul dalam acara Gamelan Gathering memperingati 30 tahun keberadaan gamelan Sekar Petak di Universitas York, York, Sabtu malam waktu setempat (28/4).

Deputi Vice Chancellor and Pro Vice Chancellor for Student Universitas York Dr Jane Grenvile mengatakan Universitas York merupakan institusi di Inggris yang pertama kali memiliki gamelan Jawa.

"Banyak pemain gamelan professional, guru, maupun komposer mengawali karirnya di bidang musik gamelan setelah mendapat pendidikan di York sebelum membuat grup di berbagai negara," kata Dr Jane Grenvile.

Sementara itu Neil Sorrell yang pertama kalinya memperkenalkan gamelan di Universitas York mengatakan bahwa musik gamelan ada di York pertama kalinya sejak tahun 1982. Diakuinya musik gamelan itu unik dan sangat spesial, dan mudah dipelajari.

Selain itu dalam gamelan semua pemain mempunyai kedudukan yang sama dan mudah diterima. Musik gamelan mempunyai suara yang sangat menentramkan selain itu gamelan tampak sangat indah.

Pertunjukan wayang kulit semalam suntuk memadukan berbagai alat musik seperti alat musik dari skotlandia bagpipe, Irlandia, drum, trompet dan musik keroncong memukau sekitar 500 penonton termasuk Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Raya Hamzah Thayeb dan Ny Lastry Hamzah Thayeb serta Atase Pendidikan KBRI London Fauzi Soelaiman dan istri.

""Pertunjukan wayang di York malam ini merupakan sebuah kesempatan langka dan menjadi bukti akan rasa kedekatan antarmasyarakat kedua negara," ungkap Dubes Hamzah Thayeb seperti dilansir menkokesra.go.id.

BACA JUGA: