Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, menantang pemuda Indonesia untuk mengelola industri hemat energi.

"Penerapan industri hemat energi memerlukan perhitungan ekonomi yang matang dan pemuda Indonesia bisa melakukannya," kata Mari, seperti dikutip dari laman budpar.go.id, Rabu (25/4).

Dilanjutkan Mari, kesuksesan melakukan penghematan energi bisa dilihat dalam keberhasilan negara China. Negeri itu mampu menjalankan industri hemat energi dengan baik.

"Menurut saya, hal ini penting untuk dilakukan mengingat China bisa dikatakan sukses dalam pengelolaan industri hemat energi," jelas Mari.

Dalam kesempatan tersebut, Mari menyampaikan kekagumannya kepada ekonom yang berperan dalam pembangunan Indonesia di era orde baru Muhammad Sadli. Bagi Mari, sosok Sadli merupakan mentor sekaligus teman yang inspiratif.

"Pak Sadli sangat suka memberikan tantangan kepada kita untuk dapat menyelesaikan persoalan. Ia suka memberikan kritik secara jujur kepada saya dan Miranda Goeltom serta pelaku ekonomi lainnya. Di sisi lain, beliau memiliki selera humor yang baik sehingga berdiskusi dengannya merupakan hal yang menyenangkan," tambah Mari lagi.

BACA JUGA: