Panglima TNI Agus Suhartono melakukan serah terima jabatan (sertijab) Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI dari Mayjen TNI Langgeng Sulistiyono kepada Mayjen TNI S Widjonarko, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (27/2).

Jakarta - Panglima TNI Agus Suhartono melakukan serah terima jabatan (sertijab) Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI dari Mayjen TNI Langgeng Sulistiyono kepada Mayjen TNI S Widjonarko, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (27/2).

"Fungsi teritorial merupakan center of gravity kekuatan pertahanan sekaligus mengemban fungsi membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Panglima TNI, dalam siaran pers yang diterima gresnews.com.

Sertijab tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/52/II/2012 tanggal 1 Februari 2012 dan Nomor: Kep/96/II/2012 tanggal 20 Februari 2012, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.
 
Panglima TNI mengatakan, pelaksanaan fungsi teritorial TNI ke depan dalam rangka optimalisasi peran TNI harus menggunakan kata kunci yakni sinergi, dengan beberapa tujuan yang termakna. Pertama, soliditas dan sinergi fungsi dan tugas Binter oleh TNI AD, Binpotmar oleh TNI AL serta Binpotdirga oleh TNI AU. Kedua, penyesuaian TNI terhadap pergeseran pemikiran tentang teritorial di era reformasi. Ketiga, pengembangan sistem dan metode Binter TNI dihadapkan kepada perkembangan bidang-bidang kehidupan masyarakat. Keempat, sinergi dan integrasi dari aspek anggaran dihadapkan kepada perkembangan sistem politik, pemerintahan dan otonomi daerah.  Kelima,  penentuan sasaran Binter TNI secara tepat sesuai kebutuhan daerah dan hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.
 
Adapun Mayjen TNI Langgeng Sulistiyono dipromosikan sebagai Sekretaris Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Sesmenko Polhukam).
 
Sebelum menjabat Aster Panglima TNI, Mayjen TNI S Widjonarko menjabat Pangdam II/ Sriwijaya. Beberapa jabatan strategis yang pernah diembannya antara lain Pati Ahli Kasad Bidang Politik, Kadispenad dan Tenaga Ahli Pengajar Bidang Padnas Lemhannas RI.

Hadir dalam acara tersebut, antara lain para Asisten Panglima TNI, Dankodiklat TNI Mayjen TNI Djumadi, Pangkohanudnas Marsda TNI J.F.P. Sitompul dan Kapuspen TNI Laksda TNI Iskandar Sitompul.