Jakarta - Mantan Ketua Umum PAN, Amien Rais, mengusulkan agar kandidat presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2014 tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.

"Saya sepintas melihat capres dan cawapres 2014 nanti. Calon-calonnya tidak terlalu banyak kelihatan. Yang sepuh-sepuh, yang berumur 60-70 tahun itu memang sulit untuk dimunculkan. Artinya, generasi seperti saya, Akbar Tanjung, Wiranto dan Megawati Soekarnoputri memang berat, hampir usailah," kata Amien di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (19/12).

Ia menyebutkan, kalau capres dan cawapresnya terlalu muda, dinilai masih kurang matang. "Mungkin yang dibutuhkan adalah in between. Artinya tua belum, muda lewat, ya antara 45-55 tahun," kata Amien.

Lebih lanjut, Amien menyebutkan, nama-nama in between adalah Ketum PAN, Hatta Rajasa, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, mantan Menteri Keuangan, Sri Mulyani dan Pramono Anung. "Yang tua agak sulit, yang muda tidak banyak," ujar mantan Ketua MPR RI itu.

Amien menyebutkan, alasan tokoh tua sulit maju karena saat ini telah terjadi perubahan zaman.
"Sekarang zaman peremajaan. Kalau umur 70 tahun maju, walaupun bijak, tapi sudah over dan sudah lewat waktunya," kata Amien.

BACA JUGA: