JAKARTA, GRESNEWS.COM - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopulhukam) Djoko Suyanto akhirnya merampungkan pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi untuk mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik. Djoko keluar gedung KPK setelah diperiksa penyidik sekitar 6,5 jam.

Djoko mengaku diminta penyidik KPK untuk mengkonfirmasi keterangan staf khusus Presiden Bidang Politik Daniel Sparingga yang juga diperiksa beberapa waktu lalu. Namun terkait hal apa saja yang dikonfirmasi, mantan Panglima TNI ini enggan menjelaskannya, karena itu sudah masuk dalam materi pemeriksaan.

Ketika ditanya salah satu hal yang dikonfirmasi mengenai adanya pertemuan atau makan malam antara Daniel dengan Jero, Djoko juga tidak menjawabnya. "Itu masuk dalam materi penyidikan. Tapi terkait apa yang disampaikan oleh pak Daniel Sparingga itu di confirm kepada saya," ujarnya di Lobby Gedung KPK, Selasa (16/9) sore.

Djoko mengaku dicecar sekitar 15-16 pertanyaan oleh penyidik KPK, dan empat diantaranya merupakan data. Tetapi data apa yang dikonfirmasi, ia juga enggan menjelaskannya. Ia hanya mengaku sudah menyampaikan apa yang diketahuinya kepada penyidik, termasuk mengkonfirmasi kebenaran dari keterangan Daniel. Namun memang, ada beberapa hal yang tidak ia ketahui dari keterangan Daniel.

Para wartawan yang mencegatnya, juga menanyakan apakah ia dikonfrontir dengan istri Jero, Triesnawati Wacik yang datang hampir bersamaan dengannya. "Enggak, saya diperiksa sendirian," jawab Djoko.

Djoko juga kembali mengelak menjawab ketika ditanya mengenai Dana Operasional Menteri, rapat-rapat fiktif yang diduga diketahui Daniel, serta aliran dana yang juga disinyalir didapatkan Daniel dan Jero Wacik.

Sementara itu, Triesnawati Wacik yang keluar beberapa menit lebih dulu juga tidak memberi keterangan berarti kepada wartawan. Ia hanya mengatakan memenuhin panggilan KPK untuk kasus hukum yang menjerat suaminya. Ia berharap, dari keterangan tersebut bisa membantu mengungkap kasus di Kementerian ESDM.

Ia mengaku lupa berapa jumlah pertanyaan yang diajukan penyidik KPK. Dan ketika ditanya materi apa saja yang ditanyakan penyidik, Trisna juga mengelak menjawabnya. "Saya rasa lebih baik ditanyakan ke KPK ya, karena bukan wewenang saya untuk mempublikasikan jawaban saya," ujar Trisna, Selasa (16/9) sore.

Trisna juga tidak menjawab ketika dikonfirmasi mengenai adanya uang Jero yang diduga mengalir kepadanya. Termasuk untuk pembayaran belanjanya ketika diluar negeri yang mencapai Rp1 miliar, serta perjalanannya ke London yang diduga menggunakan Dana Operasional Menteri (DOM).

Bahkan, Trisna mencoba menerobos kerumunan wartawan untuk masuk ke mobilnya. "Enggak, enggak, enggak. Buka buka buka, makasih ya dik," ujar Trisna yang langsung menutup pintu mobilnya Nissan Xtrail warna hitam.

BACA JUGA: