JAKARTA - Kerja sama untuk restorasi atau penataan Kali Ciliwung antar Pemprov DKI Jakarta dengan Pemerintah Korea Selatan segera direalisasikan. Diharapkan dengan restorasi yang dilakukan, Kali Ciliwung bisa menjadi objek wisata bagi kota Jakarta. Kerja sama tersebut sudah dalam tahap pembuatan desain yang diharapkan Juli rampung. Sedangkan pengerjaannya sendiri baru akan dilakukan akhir 2013.

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Yeong Seon mengakui, desain untuk restorasi Kali Ciliwung saat ini tengah dibuat. Diperkirakan pada Juli mendatang desainnya telah rampung. "Untuk proyek restorasi Ciliwung itu sudah mulai dibikin desainnya. Diperkirakan akhir Juli 2013 desain selesai. Mudah-mudahan akhir tahun 2013 pembangunannya sudah bisa dimulai," ujar Kim, seusai bertemu Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, di Balaikota DKI Jakarta seperti dikutup beritajakarta, Sabtu (2/2).

Setelah desain selesai, proses selanjutnya akan dibahas mengenai teknologi dan waktu pengoperasiannya. Nantinya, Kali Ciliwung akan disulap menjadi objek wisata yang juga dilengkapi dengan water treatment, gedung pendidikan, jogging track, serta penghijauan. Tahap awal restorasi sungai ini rencananya akan dikerjakan mulai dari Masjid Istiqlal sampai wilayah Pasarbaru.

"Warga Jakarta bisa santai di sana. Proyek ini bisa jadi daya tarik wisatawan. Dalam satu tahun bisa dikunjung 20 juta orang, ini bisa menjadi obyek wisata yang bagus dan baru di Jakarta," katanya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama menuturkan, proyek ini akan dilaksanakan di Kali Ciliwung sepanjang 380 meter tepatnya di depan Masjid Istiqlal hingga wilayah Pasar Baru. Nantinya akan ada juga pengelolaan air yang bisa digunakan sebagai air baku di Jakarta.

BACA JUGA: