JAKARTA - PT. Metromini berencana segera menyatukan semua kepemilikan pribadi bus metromini di bawah satu manajemen perusahaan. Tahap pertama yang segera dimulai per Januari 2013 adalah peremajaan 200 dari total 3.000 bus metromini.

"Investasi yang mungkin dikeluarkan untuk peremajaan metromini adalah sekitar Rp1-1,5 triliun. Nantinya pemerintah direncanakan akan mengintegrasikan metromini kedalam jalur bis Transjakarta namun hanya bagi bus yang sudah diremajakan," kata Pejabat Sementara Direktur PT. Metromini, Jon Arif Masli seusai rapat dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama di Balaikota DKI Jakarta, Senin (26/11).

Menanggapi penolakan DPRD DKI Jakarta mengenai peremajaan angkutan, Jon mengatakan kedatangannya adalah menawarkan bentuk kerja sama dengan pemerintah DKI Jakarta bukan untuk meminta hibah. "Kalau DPRD tidak setuju ya tidak apa-apa. Itu masalah lain. Kami tidak akan memakai APBD," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya mayoritas anggota DPRD DKI Jakarta tidak menyetujui program peremajaan angkutan umum yang direncanakan Gubernur Jokowi. Masalahnya adalah perbedaan persepsi tentang cara meremajakan yang diinginkan Jokowi yaitu melalui mekanisme hibah.

BACA JUGA: