JAKARTA - Puluhan orang yang tergabung dalam change.org menyambangi Kantor Gubernur DKI Jakarta di Balaikota DKI, Senin (26/11). Mereka menyampaikan petisi menolak pembangunan enam ruas jalan tol termasuk jalan tol dalam kota.

Dalam Petisi yang ditujukan kepada Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama. Mereka menolak diadakannya pembangunan enam ruas jalan tol dalam kota yang rencananya akan dimulai April 2013.

Koordinator change.org, Marco Kusumawijaja, mengatakan pembangunan enam ruas jalan tol di Jakarta tidak akan berdampak signifikan terhadapp kemacetan di Jakarta. "Di California peningkatan satu persen pertumbuhan jalan per mil akan menghasilkan pertumbuhan jumlah kendaraan sebesar sebesar 0,9 persen per tahun," katanya.

Dalam siaran pers change.org, juga mengatakan sebuah studi kelayakan yang dilakukan PT. Pembangunan Jaya pada Mei 2005 juga membuktikan setiap pertumbuhan jalan sepanjang 1 kilometer di Jakarta akan menghasilkan pertumbuhan jumlah kendaraan sebesar 1923 kendaraan pribadi.

BACA JUGA: