JAKARTA - Deputi Bidang Pendayagunaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kemenristek, Idwan Suhardi mengatakan peran politik yang dilakukan pemuda selama ini harus diikuti dengan peran dalam penguasaan iptek untuk pembangunan ekonomi.

"Hal ini sejalan dengan tuntutan pertumbuhan ekonomi yang dilandasi oleh perekonomian berbasis pengetahuan (knowledge based economy)," ujarnya di Tangerang, Selasa (13/11). "Technopreneurship adalah menciptakan generasi muda yang mandiri dan tangguh melalui kemampuan penguasaan teknologi sekaligus kemampuan berwirausaha sehingga akan memberikan efek domino terhadap kesejahteraan masyarakat dan kemandirian bangsa."

Idwan menambahkan tujuan dari kompetisi itu adalah menumbuhkan minat pemuda agar dapat menjadi technopreneurship melalui kreatifitas dan inovasinya. Pemanfaatkan iptek yang bernilai ekonomis untuk dapat dikembangkan oleh pemuda.

"Dengan demikian akan timbul enterpreneur pemuda yang berbasis iptek dan terwujudnya peningkatan kegiatan perekonomian baru yang suintable yang dipelopori pemuda sendiri," pungkasnya.

BACA JUGA: