Jakarta - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri melakukan penandatanganan Letter of Statement (Pernyataan Kehendak) bersama Menteri Koperasi, Tenaga Kerja dan Sosial Republik Iran, Abdoreza Sheikholeslami. Kerja sama bilateral ini menjadi tonggak baru sehingga kesejahteraan sosial masyarakat di kedua negara akan lebih diprioritaskan.

"Negara yang memperhatikan kebutuhan dasar rakyat akan lebih stabil di tengah gejolak ekonomi global. Termasuk di Iran, anda bisa saksikan sendiri, di tengah embargo ekonomi, rakyat kami cukup sejahtera. Tak ada fakir mutlak (kemiskinan ekstrem) di sini," ungkap Abdoreza, dalam siaran pers Kementerian Sosial (Kemsos), yang diterima gresnews.com, Sabtu (31/12).

Sebagai tindak lanjut pernyataan bersama, dibentuk kelompok kerja untuk membahas rincian program dan kegiatan yang bisa dikerjasamakan di masa datang. Menteri Salim Segaf ditemani Kuasa Usaha Sementara KBRI Teheran, Fauzi Bustami, sempat bertemu Wakil Gubernur Isfahan, Alireza Hamedani, pada Kamis (29/12). Isfahan merupakan contoh provinsi yang maju dengan mempertahankan nilai-nilai budaya lokal dan terbuka terhadap pengaruh global.

Kemsos RI berpengalaman menyelenggarakan pelatihan vokasional bagi penyandang disabilitas dari berbagai negara Dunia Ketiga dan rehabilitasi sosial bagi anak terlantar. Sementara di Iran yang cukup menonjol adalah penerapan sistem jaminan sosial yang menyeluruh dan penggalangan dana publik untuk optimalisasi pembangunan sosial. Kedua negara  sepakat untuk tukar pengalaman mengembangkan kesejahteraan sosial.

BACA JUGA: