Jakarta - Syafruddin Prawiranegara, Hamka, Pakubuwono X, dan IJ Kasimo menerima gelar Pahlawan Nasional. Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional itu disampaikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada para ahli waris mereka dalam upacara resmi di Istana Negara, Selasa (8/11).

Sekretariat Dewan Gelar, Bintang Jasa dan Tanda Jasa merekomendasikan tujuh penerima gelar Pahlawan Nasional. Selain itu, ada 11 tanda jasa kepada 11 orang lainnya.

Presiden Yudhoyono menerbitkan tiga Keputusan Presiden (Keppres), masing-masing Keppres No.113/TK/2011, Keppres No.114/TK/2011, dan Keppres No.115/TK/2011 untuk masing-masing kategori.

Penerima gelar Pahlawan Nasional:
1. Syafruddin Prawiranegara
2. Idham Chalid
3. Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka)
4. Ki Sarmidi Mangunsarkoro
5. I Gusti Ketut Pudja
6. Sri Susuhan Pakubuwono X
7. Ignatius Joseph Kasimo Hendrowahyono.

Gelar ini diberikan kepada mereka yang berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan. "Sebagai penghargaan dan penghormatan yang tinggi atas jasa-jasanya mengangkat senjata atau perjuangan politik untuk mencapai, merebut, dan memperjuangkan kemerdekaan," ujar Sekertaris Militer Kepresidenan Marsda Hadiyan Sumitaatmaja, saat membacakan Keppres, seperti dikutip laman presidensby.info.

Sedangkan Bintang Mahaputera Adipradana, diberikan kepada almarhum Sultan Sulaiman Syariful Alamshah, yang merupakan penghargaan sipil tertinggi kedua setelah Bintang Mahaputera Adiprana.

Bintang jasa yang terakhir adalah Bintang Budaya Parama Dharma, diberikan kepada putera-puteri bangsa yang berjasa dalam memajukan budaya Indonesia. Penerima anugerah ini adalah Benyamin Sueb, Hasbullah Parindurie, Harijadi Soemadidjaja, Gondo Durasim, Huriah Adam, Idrus Tintin, Kwee Tek Hoay, Sigit Sukasman, Go Tik Swan (KRT Hardjonagoro), dan Gedong Bagus Oka (Ni Wayan Gedong).

Usai acara penyerahan gelar dan bintang jasa, Presiden SBY dan Ibu Ani memberikan selamat kepada ahli waris dan perwakilan para penerima gelar dan bintang jasa. Hadir dalam acara ini, antara lain, Wapres Boediono, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Kesra Agung Laksono, Menteri ESDM Jero Wacik, dan Menteri Perikanan dan Kelautan Sharif Cicip Sutardjo.

BACA JUGA: