Rio de Janeiro - Organisasi sepak bola dunia (FIFA) menetapkan format 32 tim untuk berlaga di Piala Dunia 2014 di Rio de Janeiro. Penarikan undian awal 166 negara bertanding dilakukan Presiden FIFA Joseph Blatter untuk menentukan 32 negara yang berhak maju ke ajang olahraga terpopuler tersebut.

Laga kualifikasi Piala Dunia 2014 akan mempertandingkan 824 pertandingan di seluruh dunia yang dimulai 2 September 2011 hingga 15 Oktober 2013.

Kegiatan penarikan undian awal (preliminary draw) tersebut dihadiri sederet bintang sepak bola Brazil dipimpin Pele. Hadir pula menarik undian pemain veteran Ronaldo, Cafu, Zico, Zagallo, Bebeto serta bintang saat ini seperti Neymar, Lucas Paizon, Felippe Bastos dan Paulo Henrique Ganso.

FIFA menetapkan Eropa diwakili oleh 13 tim, Afrika mendapat jatah 5 tim, Amerika Selatan dan Asia sama-sama berbagi 4,5 tempat. Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia kebagian 3,5 tempat dan Oseania hanya memiliki satu tim tunggal bersaing dengan ketentuan maju melalui play-off antarbenua.

Dari Amerika Selatan, Brasil sebagai tuan rumah otomatis lolos. Sisa 9 tim nasional yakni Argentina, Bolivia, Chili, Kolombia, Ekuador, Paraguay, Peru, Uruguay dan Venezuela akan berjuang memperebutkan empat tempat teratas dari kualifikasi untuk maju ke Piala Dunia.

"Pemenang tempat kelima ditentukan nasibnya melalui laga play-off antarbenua melawan tim dari Asia," kata Sepp Blatter, seperti dilansir xinhuanet.com.

Terkait timnas dari kawasan Amerika dan Karibia terdapat 35 negara yang akan berlaga untuk meraih 3 tempat di Rio de Janeiro. Timnas di posisi keempat teratas dalam grup wajib berlaga dengan wakil dari Oseania.

BACA JUGA: