JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan setuju Ibu Kota dipindahkan ke daerah lain di Indonesia, mengingat permasalahan yang melilit Jakarta yang sampai saat ini tak kunjung selesai. "Satu-satunya cara adalah memindahkan ibu kota ke daerah lain," kata Marzuki, Jumat (18/1).

Dia menambahkan, jika ibu kota dipindahkan ke daerah baru, maka daerah baru itu akan mudah ditata. "Semua kantor pemerintahan bisa ditempatkan dalam satu lokasi dengan didukung oleh fasilitas perumahan, fasilitas umum dan fasilitas sosial yang memadai," ujarnya.

Begitu pula dengan sarana dan prasana untuk transportasi, kata dia, akan bisa ditata ulang termasuk pemecahan masalah polusi.

Namun, Marzuki mengakui masih sulit untuk mewujudkan hal itu semua, mengingat mobilitas warga Jakarta yang cukup tinggi. "Saya yakin pemindahan ibu kota akan jauh lebih terukur dampak hasilnya dan biayanya," katanya.

Mengenai daerah mana yang bisa dijadikan ibukota baru, dia mengatakan tidak perlu jauh dari Jakarta. "Lokasinya tidak perlu jauh, tapi bisa di sekitar Jakarta," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) berpendapat lebih baik memperbaiki infrastruktur daripada memindahkan ibu kota.

"Kalau mau pindah, ke mana? Pindah kantor itu gampang, pindah orangnya bagaimana? Kalau misalnya pegawai pusat 200.000 orang, banyak sekali termasuk tentara, jaksa, DPR bagaimana caranya memindahkan orangnya?" kata JK seperti dikutip setgab.go.id, Jumat (18/1).

BACA JUGA: