JAKARTA -  Pemerintah menargetkan angka kemiskinan menurun hingga menjadi empat persen pada 2025. Program pengentasan kemiskinan itu dititikberatkan di daerah-daerah miskin seperti Jawa Tengah dan Papua.
Tingkat kemiskinan di Papuamencapai 23 persen.

"Tahun lalu, tingkat kemiskinan menurun hingga 11,5 persen," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, Jakarta, seperti dilansir menkokesra.go.id, Kamis (11/1). "Tahun ini diharapkan angka kemiskinan kembali turun hingga 10,5 persen."

Khusus di Papua, menurut Hatta hanya menjelaskan mengenai jenis-jenis kemiskinan. Kemiskinan tinggi yang terjadi di daerah berpenduduk banyak dan kemiskinan tinggi di daerah berpenduduk sedikit. Papua termasuk jenis yang kedua.

Pemerintah merencanakan program perbaikan infrastruktur dan perbaikan kehidupan masyarakat di daerah-daerah itu. Program-program tersebut, mencakup perbaikan tempat tinggal, pembelajaran cara menangkap ikan bagi nelayan, pemberian bea siswa, dan pemberian aliran listrik pada rumah-rumah yang belum menerima listrik. Keseluruhan program ini dilakukan  kementerian-kementerian dan lembaga-lembaga pemerintah, seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Koordinasi Kesejahteraan Rakyat, dan Kementerian Pekerjaan Umum.

BACA JUGA: