Komisi II DPR dapat menyetujui total jumlah pagu yang diusulkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Lembaga Administrasi Negara (LAN), dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Namun rinciannya akan dibahas dalam rapat berikutnya.

Demikian kesimpulan Rapat Kerja/Dengar Pendapat Komisi II DPR RI dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Lembaga Administrasi Negara (LAN), dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), di Gedung Parlemen, Senin (10/9). Rapat dipimpin Wakil Ketua Komisi II DPR RI Gandjar Pranowo.

Pagu anggaran (sementara) KemenPAN-RB sebesar Rp201,5 miliar, BKN sebesar Rp535,15 miliar, LAN sebesar Rp247,006 miliar, dan ANRI sebesar Rp154,18 miliar.

Dalam hal usulan tambahan pagu anggaran tahun 2013, DPR RI menugaskan kepada Badan Anggaran Komisi II RI untuk menindaklanjutinya dalam pembahsan selanjutnya di Badan Anggaran DPR RI.

Adapun usulan tambahan yang diajukan KemenPAN-RB sebesar Rp179,481 miliar, LAN Rp40 miliar, BKN Rp158,55 miliar, dan ANRI sebesar Rp1,205 miliar.

Menteri PAN-RB yang diwakili Sekretaris KemenPAN-RB Tasdik Kiananto dalam kesempatan ini mengemukakan realisasi anggaran KemenPAN-RB tahun anggaran 2012 sampai 30 Juni sebesar 41%.

"Capaian 41 persen ini karena terkendala oleh proses pemotongan anggaran yang mengakibatkan revisi Daftar Isian Perkiraan Anggaran, DIPA. Diharapkan pada akhir September penyerapan akan mencapai 60 persen, dan akhir tahun 2012 akan mencapai 95 persen," katanya.

menpan.go.id

BACA JUGA: