Jakarta - Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, SE., menerima anugerah bintang kehormatan The Royal Order of Sahametrei Mohaserevadh (Grand Cross) dari pemerintah Kerajaan Kamboja.

Bintang kehormatan disematkan oleh Wakil Perdana Menteri/Menteri Pertahanan Kamboja, Jenderal Tea Banh mewakili Raja Kamboja di Kementerian Kamboja, Phnom Penh, Kamboja, Rabu ( 14/9).

"Tanda kehormatan kerajaan tersebut, khususnya Sahametrei Mohaserevadh, merupakan suatu penghargaan yang sangat mulia dan memiliki nilai sangat tinggi bagi Panglima TNI serta bagi segenap anggota TNI, untuk meningkatkan hubungan kedua negara," kata Panglima TNI.

Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl Ir Minulyo Suprapto, melalui rilisnya, Rabu (14/9) selain Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., juga tercatat beberapa Panglima TNI yang juga pernah menerima anugerah bintang kehormatan yang sama yakni Jenderal TNI Feisal Tanjung pada tahun 1995 dan Jenderal TNI Endriartono Sutarto (2005) sebagai penghargaan atas jasa-jasanya dalam memperkokoh hubungan dan kerjasama militer kedua negara antara lain di bidang pendidikan dan latihan.

Menurutnya, TNI juga memiliki andil dalam pembentukan Pasukan Khusus Angkatan Bersenjata Kamboja yang dikenal sebagai Brigade 911 dan Pusat Pendidikan (Pusdik) Personel Pasukan Pengamanan Perdana Menteri serta Pendidikan dan Latihan (Diklat) untuk para pelatih, disamping membentuk Pusdik Persahabatan Kamboja - Indonesia.

BACA JUGA: