JAKARTA, GRESNEWS.COM - Sudirman Said bakal memiliki pasangan yang mendampinginya dalam Pilgub Jawa Tengah 2018 dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU). Dari sederet nama yang muncul, kini mengerucut menjadi dua nama.

Kedua nama tersebut adalah putra dari pengasuh Ponpes Sarang, Rembang, KH Maimun Zubair kini merupakan anggota DPRD. Mereka itu adalah Majid Kamil atau Gus Kamil yang saat ini menjadi Ketua DPRD Kabupaten Rembang dan Taj Yasin atau Gus Yasin, seorang anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah, Abdul Wachid menuturkan bahwa kedua nama tersebut sudah mendapat persetujuan dari Ketua DPP Gerindra, Prabowo Subianto, dan juga partai koalisi yakni PAN dan PKS.

"Kami sudah melakukan pertemuan dengan partai koalisi dan bersepakat akan mengusung satu dari dua putra Mbah Maimun untuk menjadi pendamping Pak Sudirman Said," ujarnya saat, Jumat (5/1).

Untuk kepastian siapa diantara keduanya yang maju, DPP Gerindra dan partai koalisi menyerahkan kepada Sudirman Said untuk menentukan.

Wachid menambahkan, selain berlatarbelakang NU, kedua putra KH Maimun Zubair tersebut dinilai sudah memiliki pengalaman berpolitik dan duduk di legislatif.

"Bukan hanya untuk menarik pemilih, tapi memang keduanya mumpuni untuk bekerja dalam membangun Jawa Tengah. Mereka kan memang anggota legislatif, ya tentu sudah berpengalaman," papar dia.

Rencananya, Sabtu (6/1) pihaknya akan bersilaturahmi ke kediaman KH Maimun Zubair untuk meminta restu.

"Sebenarnya hari ini, tapi karena di DPP masih ada pekerjaan jadi rencananya besok kita sowan ke Mbah Maimun untuk minta restu," jelasnya.

Sejauh ini, disampaikan Wachid, keinginan meminang putra KH Maimun Zubair mendapat respon baik dari yang bersangkutan.

Nama Majid Kamil atau yang kerap disapa Gus Kamil, belakangan ini santer disebut-sebut sebagai calon kuat pendamping Sudirman Said yang maju sebagai calon gubernur pada Pilgub Jateng 2018.

Gus Kamil yang merupakan anak dari ulama kharismatik, KH Maimun Zubair pengasuh Pondok Pesantren Al Anwar, Sarang, Rembang. Dia dinilai berpotensi dan cocok dengan Sudirman Said. Terlebih ia yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Rembang, memiliki catatan yang bagus.

Namun, atas kabar tersebut justru Gus Kamil menanggapinya dengan santai soal namanya yang akan dicalonkan mendampingi Sudirman Said.

"No comment dulu. Sepanjang ini belum ada komunikasi dengan Sudirman Said. Kayaknya tidak (berpasangan dengan Sudirman Said)," tutur Kamil yang juga menjabat sebagai ketua DPC PPP Rembang, Jum´at (5/1/18).

Di sisi lain, penasehat DPC PPP Rembang, Nur Hasyim mengakui masih mengganduli sosok seperti Gus Kamil karena dianggap masih dibutuhkan di Rembang. Gus Kamil diharapkan masih dapat berkontribusi di Rembang.

"Beliau orang yang berkompeten, jujur dan mampu mengayomi sebagai Ketua DPRD Rembang dan Ketua DPC PPP," tuturnya, Jumat (5/1/18).

"Bilamana arus yang ada beliau maju, maka ya saya berharap di sini ada sosok yang tumbuh seperti beliau. Ya meskipun sosok itu bakal tumbuh secara lambat dan pelan lantaran waktu," pungkasnya. (dtc/mfb)

BACA JUGA: