Aktor Tio Pakusadewo ditetapkan jadi tersangka kasus kepemilikan tersangka tindak pidana penyalahgunaan narkoba jenis sabu. Dia terancam 5 tahun penjara.

"Ancaman 5 tahun (penjara-red)," kata Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Audie Latuheru dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (22/12).

Bintang film ´The Raid 2: Berandal´ ini dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) subsider Pasal 112 ayat (1) lebih subsider Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No 35/2009 tentang Narkotika.

Tio ditangkap Subdit II/Psikotropika Dit Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Selasa (19/12) pukul 23.15 WIB. Tio ditangkap di rumahnya di wilayah Ampera, Jakarta Selatan.

Dari lokasi, polisi menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya 3 bungkus plastik klip sabu dengan berat 1,06 gram dan seperangkat alat untuk mengonsumsi sabu berupa bong, cangklong dan korek api gas dan sebuah handphone.

Polisi mengatakan kecanduan Tio Pakusadewo terhadap sabu tergolong akut. Namun, polisi akan melakukan assessment untuk memastikan tingkat kecanduan Tio.

"Oh dia akut lah. Tapi nanti kita lihat assessment," kata Kasubdit Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Dony Alexander saat ditanya intensitas Tio memakai sabu. Dony menyampaikan ini di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (22/12/2017).

Tio memang mengaku sudah 10 tahun mengonsumsi sabu. Tio sempat berhenti beberapa bulan, namun mengonsumsi lagi karena mengalami cedera kaki.

"Untuk menghilangkan rasa sakitnya berkurang," ujar Dony.

Tio membeli sabu dari seorang perempuan berinisial V. Dia membeli 4 paket sabu dengan berat total 1,06 gram seharga Rp 1,3 juta. V saat ini sedang diburu polisi.

Tio dalam pengungkapan kasus itu juga dihadirkan. Dia memakai baju tahanan warna oranye. Dia mengaku bersalah dan menyesali perbuatannya.

"Saya bersalah dan saya menyesali apa yang sudah tejadi. Saya mengajak siapapun yang masih menggunakan narkoba untuk segera berhenti. Saya adalah contoh, contoh yang tidak perlu diikuti dan tidak perlu diulangi lagi. Terima kasih," ujarnya. (dtc/mfb)

BACA JUGA: