JAKARTA, GRESNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa Indonesia siap berkontribusi untuk  menjaga stabilitas dan keamanan di Semenanjung Korea. Menurutnya negara anggota ASEAN saat ini merasa khawatir terhadap situasi di Semenanjung Korea, menyusul digelarnya beberapa kali uji coba rudal balistik oleh Korea Utara.

"Indonesia siap berkontribusi dalam upaya menjaga stabilitas dan keamanan di Semenanjung Korea," ujar Presiden Jokowi dalam KTT Ke-19 ASEAN-Korea Selatan yang diselenggarakan di Philippines International Convention Center (PICC) Manila, Filipina, Senin (13/11) sore.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan penghargaan atas upaya yang terus dilakukan Presiden Korea Selatan Moon Jae-In untuk mengupayakan penyelesaian damai melalui jalur dialog.

Dikatakan Presiden Jokowi, bahwa Korea Selatan  merupakan salah satu mitra ASEAN yang paling aktif mengembangkan kerja sama. Untuk itu, Presiden berharap agar ASEAN-Korea Free Trade Area (AKFTA) lebih dioptimalkan.

"Kita juga perlu dorong agar perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership dapat segera diselesaikan," ujar Presiden, seperti dikutip setkab.go.id.

Presiden Jokowi juga menekankan, agar ASEAN-Korea Selatan  mampu menjaga sentimen keterbukaan ekonomi yang saling menguntungkan.

KTT ASEAN-Korea Selatan itu dihadiri oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-In, dan para pemimpin negara-negara anggota ASEAN. (rm)

BACA JUGA: