Memasuki akhir kuartal pertama 2021, antusias masyarakat untuk menggunakan platform digital atau melakukan pencarian real estate secara online semakin meningkat pesat. 

Portal global real estate Lamudi.co.id melansir terdapat 3,6 juta pencarian berbagai real estate dalam laman-laman area dan properti di situs webnya dalam 2 bulan awal (Januari-Februari). Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, fokus pencarian area sendiri masih menyasar kawasan Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek).

Head of Property Research Lamudi.co.id, Novriyadi, mengatakan sektor hunian tapak harga terjangkau paling banyak ditemukan dari aktivitas pencarian properti yang dilakukan sejumlah masyarakat via daring, dilanjutkan dengan pencarian tanah dijual, apartemen, dan komersial. Preferensi keterjangkauan harga yang dimaksud pun masih tergolong sama dengan 2 hingga 3 tahun belakangan yakni harga rumah dijual di bawah 500 juta.

Novri menambahkan, selain proyek perumahan baru atau eksisting berharga murah yang masih banyak tersedia, masih banyak faktor lain yang memotivasi masyarakat untuk berani membeli rumah di awal tahun 2021. Sebut saja gimmick berbagai fasilitas yang diberikan oleh pengembang atau kegiatan promosi yang diberikan oleh pembeli. Ditambah lagi dengan sebuah kebijakan insentif bebas pajak pertambahan nilai atas pembelian rumah di bawah Rp 2 miliar yang diluncurkan oleh pemerintah RI.

Konsistensi Pengembang Properti 

Masih tingginya permintaan perumahan harga terjangkau mentrigger sejumlah pengembang properti di Jabodetabek untuk konsisten dalam menyediakan hunian-hunian terjangkau tiap tahunnya guna mengakomodasi permintaan tersebut.

Pengembang properti terpercaya MASGROUP misalnya. Dalam beberapa tahun belakangan pengembang real estate MASGROUP terus konsisten dalam menyediakan hunian dengan harga terjangkau di kawasan Jabodetabek. Beberapa nama seperti Bali Resort Bogor di Ranca Bungur dan perumahan Kota Sutera di Pasar Kemis adalah contoh perumahan-perumahan yang saat ini masih ditawarkan di bawah harga 500 juta ke masyarakat.

Baik Bali Resort Bogor serta rumah dijual di Tangerang seperti Kota Sutera, keduanya merupakan perumahan baru yang dikembangkan di lokasi yang sangat strategis serta ditunjang fasilitas-fasilitas intra-perumahan yang mendukung kehidupan masyarakat modern.

BACA JUGA: