Apakah Anda memiliki impian untuk memiliki kolam kecil dengan aliran air mancur mini di taman rumah Anda? Percikan air mengalir yang menghiasi taman rumah Anda tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya. Selain menjadi pemandangan yang indah saat Anda santai di rumah, suara aliran air juga dapat membuat Anda semakin rileks. Untuk membuat kolam dengan air mengalir atau air mancur mini di taman rumah Anda, Anda perlu memasang pompa air taman rumah yang mana bisa didapat dengan melihat rekomendasi pompa air terbaik dari BestSpy. Sulitkah memasang pompa air taman rumah? Tak perlu khawatir, ini dia cara memasang pompa air taman dengan benar.

1. Pastikan Anda memiliki pompa dengan ukuran yang tepat

Pompa air taman tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas. Anda perlu memperhitungkan dengan pasti berapa perkiraan volume air yang akan disirkulasikan oleh pompa air taman. Anda juga perlu merancang bagaimana arah aliran air yang Anda inginkan. Selain itu, perhitungkan juga kecepatan aliran air yang Anda inginkan untuk taman Anda. Semakin banyak volume air yang akan disirkulasikan, maka kapasitas dan ukuran pompa yang diperlukan juga akan semakin besar. Jika Anda masih bingung berapa kecepatan aliran air yang dikehendaki, umumnya pompa air taman harus mampu mensirkulasikan 50% dari total volume air setiap jam. Misalnya, jika Anda ingin memasang pompa air taman untuk sebuah kolam dengan volume air 5.000 liter, maka Anda perlu mencari pompa air dengan kecepatan alir minimal 2.500 liter air per jam. 

2. Memasang filter box

Salah satu fungsi pompa air taman adalah agar kolam taman Anda lebih lama terjaga kebersihannya. Untuk itu, pompa air taman umumnya dilengkapi dengan filter box untuk menyaring air. Anda perlu memperhatikan di mana filter box akan dipasang. Aliran air akan masuk melewati filter box ini lalu menuju pompa air taman.

3. Perhatikan tempat memasang pompa

Ada dua jenis pompa air taman berdasarkan tempat pemasangannya. Ada pompa yang dipasang di luar kolam, dan ada yang dipasang di dalam kolam. Pompa yang dipasang di luar kolam akan lebih mudah untuk diperbaiki jika ada masalah, tetapi umumnya harganya lebih mahal. Pompa yang dipasang di luar kolam harus diposisikan ada di bawah dasar kolam, jadi air akan mengalir dengan sendirinya menuju pompa karena gravitasi. Jika diperlukan, Anda perlu menggali lubang pada tanah hingga memiliki posisi di bawah dasar kolam untuk mempersiapkan tempat memasang pompa. Pompa yang dipasang di dalam kolam umumnya diletakkan pada dasar kolam atau sedekat mungkin dengan dasar kolam.

4. Memasang selang

Saat pompa air taman bekerja, ada dua macam aliran air, yaitu aliran air masuk ke dalam pompa dan aliran air keluar pompa. Anda perlu mempersiapkan arah aliran ini, terutama untuk arah aliran air keluar pompa. Bagaimana aliran air yang keluar pompa yang Anda inginkan? Apakah akan dibuat air mancur atau air terjun mini? Atau dibuat aliran air sederhana yang menimbulkan bunyi gemericik yang menenangkan? Aturlah selang untuk aliran air keluar pompa sesuai dengan rancangan desain yang Anda inginkan.

5. Mengisi kolam dengan air

Setelah semua komponen pompa air taman terpasang dan pompa sudah ditempatkan secara permanen pada lokasi yang sesuai, kini saatnya Anda mengisi air kolam Anda. Pertama-tama isilah kolam setengah penuh untuk mendeteksi apakah ada kebocoran. Jika ada bagian yang bocor, keringkan kolam kembali dan segera perbaiki. Jika sudah yakin tidak ada kebocoran lagi, isilah kolam hingga kapasitas penuh. 

6. Menghubungkan pompa air taman dengan sumber listrik

Untuk dapat beroperasi, tentu saja pompa air taman harus disambungkan dengan sumber listrik. Perhatikan soket listrik di rumah Anda. Bisa jadi Anda akan memerlukan kabel tambahan jika letak soket listrik terlalu jauh dari pompa.

7. Nyalakan pompa

Dan akhirnya, setelah semua proses pemasangan dilakukan, cobalah untuk menyalakan pompa air taman Anda. Amati apakah arah aliran air sesuai dengan yang Anda inginkan. Amati juga apakah ada kebocoran.

Setelah memasang pompa air taman dengan benar, agar pompa tetap awet dan berfungsi dengan baik, Anda perlu melakukan perawatan pompa air taman. Caranya, keringkan air kolam dan bersihkan bagian-bagian pompa air taman secara teratur.

Berikut cara memasang pompa air taman dengan benar, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

ADVERTORIAL

BACA JUGA: