Jakarta - Ketua PP Muhammadiyah Din Samsuddin, menyatakan seluruh komponen bangsa Indonesia dan seluruh agama tetap mendukung perjuangan Palestina guna mendapat pengakuan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui keanggotaannya.

"Masalah Palestina adalah masalah kita semua. Masalah kemanusiaan, tak hanya masalah umat Islam, masalah bangsa Arab. Solidaritas ini didukung seluruh komponen bangsa Indonesia dan seluruh agama," kata Din saat menerima Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Fariz Mehdawi, di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (10/11).

Menurut Din, perjuangan Palestina untuk menjadi anggota PBB, saat ini mendapatkan halangan, termasuk dari Amerika Serikat dan negara Uni Eropa.

"Perjuangan lewat opini dan advokasi sesuai keinginan Palestina terus dilakukan. Belum ada keadilan bagi Palestina dimana Israel diakui di banyak negara, sedangkan Palestina belum," kata Din.

9 dari 15 negara Dewan Keamanan, lanjut Din, harus mendukung. Sekarang baru 8, tinggal 1 lagi. Kalau sudah sampai 9, dari 15, bisa berlanjut. Di Unesco mayoritas juga menginginkan Palestina bergabung.

Din berharap, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri, harus terus berada di front depan untuk mendukungnya bahkan menggalang dukungan ke negara non blok, patut diapresiasi.

Sementara itu, Dubes Palestina untuk RI, Fariz Mehdawi meyakini, Pemerintah indonesia sangat berkomitmen untuk membantu Palestina. Indonesia bahkan aktif mengajak ngara lain untuk mendukung Palestina.

"Hubungan antara Islam dengan agama lain sangat harmonis. Jika Palestina aman, maka perseteruan juga tak akan terjadi," ujar Fariz.

BACA JUGA: