JAKARTA, GRESNEWS.COM - Indonesia Corruption Watch menuntut klarifikasi kepada pakar hukum pidana Universitas Padjadjaran Romli Atmasasmita terkait pernyataan dalam akun twitternya bahwa penggiat antikorupsi ini menerima dana dari APBN dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). ICW mengaku akan mengirimkan surat baik melalui dalam bentuk fisik ataupun elektronik, akun media sosial, hingga melalui media.

Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW Donal Fariz menganggap pernyataan Romli itu adalah tudingan yang serius dan mencemarkan nama baik. LSM antikorupsi ini memberi waktu kepada Romli untuk memberikan jawaban atas cuitannya itu di media sosial.

"Kami secara resmi akan mengirim surat ke Romli untuk klarifkasi terkait tudingan dari akun twitter, yang menyebut ICW menerima dana-dana dari KPK ataupun proyek dari KPK," kata Donal, Selasa (26/5).

Donal juga membeberkan tiga twit Romli yang dinilai ICW bernada tudingan terhadap lembaganya, diantaranya;

1. "Hasil audit BPK atas kinerja KPK hrs dibuka kepda publik sesuai UU KPK. Termasuk dana2 yang digunakan ICW dan Koalisi LSM anti korupsi."

2. "Bagaimana ICW tidak mau Akui sebagai ormas mrt UU Ormas tapi terima proyek dari KPK dana APBN mau? Dimana tanggung jawab kalian??"

3. "Apakah audit BPK RI dilakukan terhadap ICW dan Koalisi LSM antikorupsi sebagai pengguna dana APBN KPK?"

Donal menyatakan, cuitan ini menunjukkan niat Romli untuk menuding ICW menggunakan dana APBN maupun KPK. Sebab, hal ini dilakukan Romli dalam beberapa waktu yang berbeda, cuitan pertama pada 19 Mei 2015, dan ketiga pada 22 Mei 2015.

"ICW dari semenjak berdirinya 1998 tidak pernah menerima dana dari APBN, maupun dari lembaga seperti KPK," terang Donal.

Donal berujar, ketika tudingan itu dilakukan berulang-ulang, tentu ada niat jahat dari yang bersangkutan. Terlebih lagi, pernyataan itu tidak didukung dengan informasi yang benar, termasuk tudingan menerima dana dari APBN.

ICW memberikan waktu 3 x 24 jam agar Romli mengklarifikasi pernyataannya. Jika tidak, Donal memastikan akan menempuh jalur hukum atas cuitan Romli di akun twitternya itu.

Sementara itu Romli yang diminta konfirmasi atas permintaan klarifikasi pihak ICW,  menanggapinya dengan santai. "Laporin aja ke Bareskrim, saya gak akan balas," tantang Romli enteng.

BACA JUGA: