JAKARTA - Polda Metro Jaya merasa puasa dengan Car Free Night yang berlangsung kondusif. Kriminalitas dalam skala kecil seperti kecopetan tidak terlalu signifikan mengganggu perayaan Tahun Baru, tadi malam.

"Secara umum hingga saat ini berjalan lancar, kondusif dan aman. Tak ada permasalahan besar yang terjadi," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto, di Jakarta, Selasa (1/1).

Dia mnjelaskan, dalam acara malam pergantian tahun ini dihadiri oleh 200 ribu orang yang sangat antusias, "Sekitar 200 ribu pengunjung penuhi HI. Bayangkan lautan masyarakat di sini. Jangankan buka jalan buat rombongan, buka untuk sendiri saja susah," jelasnya.

Menurunya, kepolisian terpaksa menutup jalur sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin lebih cepat dari waktu yang ditentukan karena antusias pengunjung yang besar. "Jam 18.00 WIB sudah banyak yang datang. Akhirnya 18.30 WIB sudah ditutup semua jalur," ungkap Rikwanto.

Selain itu, ada sekitar 16 laporan kecopetan dan 26 orang kehilangan anggota keluarganya yang diterima Pos Pengamanan Utama di Bundaran Hotel Indonesia.

"Laporan kecopetan ada 16 lebih. Barang yang hilang dompet dan HP. Ada juga barang copetan ditemukan di jalan, karena dibuang pelaku. Dompetnya ketemu, namun uangnya hilang. STNK, KTP dan SIM tak diambil, hanya uang saja. Sementara, laporan kehilangan keluarga ada 26. Tapi ketemu semua. Keluarganya mencari di posko," jelas Rikwanto


BACA JUGA: