MALING kayaknya harus berpikir dua kali untuk coba-coba mencuri. Ilmuwan teknologi informasi kini sedang mengembangkan teknologi Bluetooth untuk fitur keamanan.

Ke depan, Bluetooth dapat melakukan fungsi UniKey. UniKey adalah sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk bisa membuka pintu tanpa kunci dengan bantuan ponsel melalui koneksi Bluetooth.

Kelebihan UniKey dibandingkan teknologi sejenis adalah kemampuannya untuk digunakan di segala jenis ponsel, asalkan didukung fitur Bluetooth. Jadi jangan khawatir kalau ponsel anda tidak dibekali dengan NFC, asal ada Bluetooth, UniKey bisa digunakan.

Perangkat ini terdiri dari sebuah kunci yang telah dibenamkan Bluetooth di dalamnya yang tentu saja bisa disandingkan dengan Smartphone seperti iPhone, Android dan BlackBerry seperti dilansir engadget.com.

Cara kerjanya pun cukup sederhana. Ketika sinyal Bluetooth di ponsel terdeteksi oleh UniKey maka kunci akan terbuka ketika kita mulai memegang gagang pintu.

Jika ponsel Anda hilang atau rusak, Anda bisa me-reset dan menggantinya dengan ponsel yang lainnya. Anda juga akan mendapatkan kunci biasa sebagai kunci utama. UniKey sendiri akan dijual dengan harga $149-$199.

BACA JUGA: