PENJARA adalah tempat berkumpulnya manusia bermasalah dengan setumpuk problem.

Hukuman badan di bui mendorong penghuninya kembali melakukan pelanggaran hukum hingga merusak mental seperti upaya bunuh diri.

Problem tersebut mendorong pemerintah Korea bersama tim peneliti mengembangkan robot pengganti sipir penjara, yang kini tengah diuji coba di salah satu penjara di ´negeri ginseng´ tersebut.

Robot tersebut dibekali kamera tiga dimensi (3D) dan sebuah software yang mampu menganalisa perilaku para tahanan, seperti dilansir engadget.com.

Nama robot ini adalah Robo-Guard. Tugas utama dari Robo-Guard adalah untuk memberitahu kepala penjara apabila ada tahanan yang mencoba bunuh diri atau melarikan diri dari penjara.

Robot ini juga bisa dikontrol melalui iPad, jadi petugas tidak perlu lagi keliling untuk memeriksa para tahanan. Cukup duduk manis dan Robo-Guard akan memberikan informasi akurat tentang keadaan di penjara.

Nah kalau robot penjara ini sudah sempurna, setidaknya dapat menekan upaya penyuapan sipir penjara dan perdagangan narkoba di lembaga pemasyarakatan (Lapas) maupun tindak kekerasan oleh wakil menteri yang terjadi belum lama ini.

Lihat videonya di sini: http://www.youtube.com/watch?v=-TsgEKdGCdU&feature=player_embedded

BACA JUGA: