PANCI, selama ini dikenal sebagai sarana untuk merebus air, memasak nasi dan menyimpan makanan. Namun alat dapur yang satu ini memiliki fungsi ganda sebagai alat isi ulang baterai gadget Anda.

Panci ´ajaib´ ini namanya PowerPot. Tidak meninggalkan fungsinya untuk memasak air, panci ini berfungsi ganda untuk isi ulang perangkat digital.

Cara kerja PowerPot tergolong sederhana, adanya konverter mengubah panas menjadi energi listrik thermoelectric power generation berada di bawah panci. Sebuah kabel tahan api yang nantinya disambungkan ke kabel konverter (menjadi USB).

PowerPot tersedia dalam beberapa model tergantung dari energi yang dihasilkan seperti PowertPot V (5 watts), PowerPot X (10 watts) dan PowerPot XV (15 watts). Semakin besar energi listrik yang dihasilkan maka semakin besar ukuran pancinya.

Laman Engadget melansir, Powerpot dengan ukuran paling kecil diklaim mampu mengisi ulang dua unit ponsel, satu pemutar musik dan sebuah lampu LED sekaligus di saat bersamaan. Powerpot dengan ukuran besar bisa digunakan untuk isi ulang baterai sebuah tablet/ netbook. Powerpot ukuran kecil dijual dengan harga US$125.

BACA JUGA: