LAYAR sentuh jadi andalan gadget terkini untuk memikat pasar. Ponsel layar sentuh dan tablet touchscreen bukan lagi barang baru. Bagaimana kalau lantai sentuh? Nah ini baru berita menarik yang layak simak.

Setelah melalui riset dan pengujian selama beberapa tahun, IBM akhirnya mendapat persetujuan dari US Patent and Trademark Office mendapat hak paten pertama di dunia.

Paten itu terkait dengan sistem keamanan dalam bentuk lantai sentuh alias teknologi Touch Floor, yang bisa mengenali siapa yang berdiri atau berjalan di situ.

Karya besutan IBM ini dibangun dengan kemampuan merasakan bentuk kaki dan bobot tubuh. Anak-anak, orang dewasa dan binatang peliharaan dapat dideteksi dengan akurat.

Lantai sentuh IBM didukung database identitas, yang mampu mencocokkan berat, bentuk dan jumlah kaki yang berdiri di permukaannya.

Ketika lantai tersebut merasakan ada orang yang tak dikenal yang berdiri diatasnya, maka lantai tersebut akan membunyikan alarm, seperti dikutip pli-it.com.

Tidak hanya itu saja, lantai ini juga dibekali dengan kemampuan mengenali setiap kaki penghuni rumah, lantai tersebut juga bisa mengetahui kondisi orang yang sedang berbaring diatasnya, apakah sedang sakit atau sehat. Canggih kan?

BACA JUGA: