Aksi kekerasan terhadap anak dan perempuan menjadi momok yang kerap menghantui warga Ibukota. Untuk mencegah munculnya aksi kekerasan terhadap anak maupun perempuan Pemprov DKI Jakarta terus memperbanyak Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Penyediaan fasilitas  ini juga untuk mewujudkan mimpi Jakarta sebagai kota yang aman dan ramah anak.

Salah satu Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang sedang dikebut pembangunannya adalah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTA) Kebon Pala, Jakarta Timur. Pantauan di lokasi, RPTRA yang berada di Jalan Kamboja RW 01, Makassar, Jakarta Timur itu sudah hampir rampung. Sejumlah fasilitas pendukung sudah tampak berdiri megah seperti tempat bermain, ruang pertemuan hingga lapangan futsal.

RPTRA yang berdiri diatas lahan seluas 2.000 meter persegi itu, merupakan bantuan program CSR (Corporate Social Responsibility) Astra International. Proses pengerjaan telah dilakukan sejak bulan Oktober lalu. Keberadaan RPTRA Kebon Pala nantinya akan melengkapi RPTRA Cililitan yang sebelumnya sudah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama beberapa waktu lalu.

Pada tahun 2016 ini, Pemprov DKI Jakarta menargetkan pembangunan 63 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).  Akan ditambah sebanyak 150 lagi pada tahun depan. Untuk saat ini jumlah RPTRA yang telah diresmikan Pemprov DKI berjumlah delapan. Sejumlah RPTRA itu terletak di wilayah Cideng, Cililitan, Pulogadung, Kepulauan Seribu, Gandaria Selatan, Kembangan Utara, Pulo Gebang, dan terakhir Meruya Utara. (Edy Susanto/Gresnews.com)

BACA JUGA: