Jakarta - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membatah adanya isu SMS berantai atau BBM (blackbery mesenger) yang berisi tentang beberapa produk minuman yang menyebakan diabetes, kanker otak dan bisa mematikan sumsum tulang.

Menurut Sekjen Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dokter Zainal Abidin, sejauh ini lembaga yang menaungi perkumpulan para dokter tidak pernah mengeluarkan surat himbauan tersebut.

"Kami tidak pernah mengeluarkan surat himbauan tersebut. Setiap himbauan atau informasi soal kesehatan dilakukan secara resmi," kata Zainal.

Dirinya mengatakan, pada Tahun 2010 IDI juga mendapat informasi yang sama soal sms tersebut. "SMS bohong tersebut diduga persaingan bisnis. Jadi tidak benar SMS tersebut," tandasnya.

Untuk diketahui, SMS dan BBM berantai tersebut di informasikan dari Island Hospital Malaysia dan mengatasnamakan Ikatan Dokter Indonesia.

Berikut Isi SMS tersebut: "Saat ini sedang ada wabah pengerasan darah atau sumsum tulang belakang. Jangan minum produk: Liang teh Cap Panda, Nutrisari, Ultramilk, Coca-Cola, Fanta Sprite, Es Krim Walls, Es Krim Campina, Teh Botol Sosro, Semua Produk Wong COCO J karena mengandung ASPARTAME (lebih keras dari Biang Gula) racun yg menyebabkan diabetes, kanker otak dan bisa mematikan sumsum tulang.Tolong diteruskan kepada orang-orang yang kita sayangi".

(feb)

BACA JUGA: