JAKARTA - Sastrawan Sapardi Djoko Damono menerima penghargaan Akademi Jakarta 2012 dari Akademi Jakarta, di Galeri Cipta III Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya Nomor 73, Jakarta Pusat.

Menurut Ketua Akademi Jakarta, Taufik Abdulah, penghargaan Akademi Jakarta 2012 adalah penghargaan untuk pencapaian sepanjang hayat (lifetime achievement) di bidang humaniora (kesenian, kesusatraan, filsafat, ilmu bahasa, arkeologi, teologi, dan sekitarnya).

"Sedangkan ukuran ´sepanjang hayat´ ditetapkan calon penerima berusia 50 tahun atau lebih," ujarnya di Jakarta, Kamis (13/12).

Sesuai keputusan dewan juri yang terdiri dari Bambang Bujono, Melani Budianta, Meutia Hatta. Mudji Sutrisno, dan Tomy F. Awuy, lanjut Taufik, Sapardi Djoko Damono ditunjuk sebagai peraih penghargaan Akademi Jakarta 2012.

"Dewan juri menganggap kesetiaan Sapardi pada puisi terbukti dari jumlah buku kumpulan puisi yang diterbitkan, dari buku kumpulan puisi pertamanya, Dukamu Abadi (1969) hingga yang mutakhir Namaku Sita (2012), tak kurang dari 10 buku kumpulan puisi terbit," terang Taufik.


BACA JUGA: