GRESNEWS - Musik adalah pereda suhu politik yang memanas. "Politisi Indonesia ada baiknya mendekatkan diri kepada musik dan seni," kata vokalis Maliq n D´Essentials, Angga Puradiredja kepada Gresnews.com, di sela-sela pagelaran Java Jazz di Jakarta, Jumat (1/3).

Musisi beraliran jazz asal Jakarta itu rupanya gundah dengan situasi hukum dan politik di Indonesia yang semakin memprihatinkan terutama semakin maraknya kasus-kasus korupsi di Indonesia. "Kian hari kian rumit," kata pria kelahiran Jakarta, 29 Februari 1980 itu.

Khusus mengenai politik, suami dari Puteri Indonesia 2002 Melanie Putria itu punya ungkapan yang menarik. Katanya, musik atau seni pada umumnya adalah suatu hal yang tidak bersifat matematis. Politisi Indonesia sebaiknya mendekatkan diri pada musik.

"Caranya, adalah dengan mengubah mindset bahwa sesungguhnya hasil itu akan berjalan sejajar dengan usaha yang kita lakukan. Jangan dulu mengutamakan hasil yang akan kita peroleh," kata ayah dari Sheemar Rahman Purwadireja itu.

Ya, itulah yang sulit dari politisi Indonesia yang lebih mengutamakan hasil ketimbang proses. "Sekali lagi, jangan memikirkan hasil," katanya.

Berbicara mengenai musik, Angga mengatakan jazz itu adalah musik yang bisa dinikmati oleh siapapun dan dari kalangan apapun. "Jazz itu santai," kata Angga.

Maliq n D´Essentials sendiri tahun ini menelurkan album bersama label independen mereka, Organic Records, bertajuk Sriwedari.

Laporan dari lapangan, Jakarta International Djarum Super Mild Java Jazz Festival 2013 dimulai dengan kegiatan pertama justru bukan pertunjukan melainkan music clinic dari IMI yakni jam 16.30. Penampil pertama adalah Mr. Sonjaya di Masima Stage.

Lalu Rafli Wasaja, musisi asal Aceh, memenuhi ruang terbuka dari outdoor stage Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bersamaan waktunya dengan penampilan Maurice Brown (Telkomsel/Simpati Stage-D1). Vokalis Noon tampil lembut di ruang akustik.

Sedangkan, bagi penggemar group Fourplay, jangan sampai melewatkan penampilannya. Selain musisi Jazz luar negeri yang akan memberikan warna pada perhelatan ini. Raisa pun akan ikut membuat penggemarnya terhanyut dalam buaian musik Jazz.

Tidak kalah, Roberta Gambarini, penyanyi asal Itali juga menghangatkan suasana. Disambung langsung dengan penampilan unik dari Soul Rebel yang memadupadankan jazz dengan hip hop dan R&B. Band yang berasal dari New Orleans ini menyajikan musik yang berbeda di Kementerian Perdagangan Stage- B2.

Lantas suasana semakin ramai dengan penampilan legenda musik seperti Stanley Clarke dan George Duke. Alunan musik  jazz lewat saksofon dimainkan oleh musisi asal Swedia yang beriringan dengan vokalis jazz muda Amerika Serikat, Georgy Porter. Pada waktu bersamaan ada juga penampilan dari Jose James. (Annisa Riris Saputri/Fandra Sarah Medellu/GN-01)


BACA JUGA: